Beranda > Informatics Tekhnologi > Beberapa Command-Command Dasar di AS/400 Server

Beberapa Command-Command Dasar di AS/400 Server

Udah lama sekali saya tidak posting,kesempatan kali ini saya akan posting tentang beberapa command-Command dasar di AS/400 server…..

Semoga bermanfaat yah….

1. CRTUSRPRF : Perintah Untuk Membuat User Profile
2. CRTLIB : Perintah Untuk Membuat Library/Folder di AS/400.
3. CRTOUTQ : Perintah Untuk Membuat OUTQ.
4. WRKSYSVAL_QTIME : Perintah Untuk Setting Waktu.
5. WRKSYSVAL_QDATE : Perintah Untuk Setting Tanggal.
6. WRKPRB : Perintah Untuk Melihat Problem/Masalah Yang Terjadi Di AS/400.
7. WRKHDWRSC : Perintah Untuk Melihat Konfigurasi Hardware Yang Terpasang Di AS/400.
8. DSPSFWRSC : Perintah Untuk Melihat License Program Yang Terinstall Tersimpan Di Library.
9. GO_CMDHDW : Perintah Untuk Melihat Command-Command Yang Berhubungan Dengan Hardware.
10. GO_LICPGM : Perintah Untuk Melihat License Program Apa Saja Yang Terinstall Di AS/400.

Istirahat Dulu…..

Lanjut…..

11. DSPPTF : Perintah Untuk Melihat Status PTF (Program Temporary Fixes) Yang Terinstall di AS/400.
12. CFGTCP : Perintah Untuk Konfigurasi TCP Ethernet.
13. WRKLIND : Perintah Untuk Melihat Status Ethernet.
14. STRTCP : Perintah Untuk Memulai Koneksi TCP/IP.
15. ENDTCP : Peirntah Untuk Mengakhiri Koneksi TCP/IP.
16. WRKDEVD *(NAMA DEVICE) :
WRKDEVD *TAP : Perintah Untuk Melihat Status TAPE AS/400.
WRKDEVD *OPT : PErintah Untuk Melihat Status CDROM AS/400.

17. VFYTAP : Perintah Untuk Melakukan Test Baca/Tulis TAPE AS/400.
18. INZTAP : Perintah Untuk Melakukan Format Cartdridge TAPE AS/400.
19. WRKLICINF : Melihat Semua License Program.
20. PWRDWNSYS *IMMED : Perintah Untuk Mematikan AS/400 Secara Cepat.

Istirahat Lagi Ah!!!!

LANJUTKAN!!!!:-)

21. STRSST : Perintah Untuk Masuk Menu DST.
22. GO_CMDBCKUP : Perintah Untuk Melihat Command-Command Backup Data AS/400.
23. DSPMSG_QSYSOPR : Perintah Untuk Melihat Pesan Error Dari Mesin.
24. WRKDSKSTS : Perintah Untuk Melihat Status Disk Di AS/400.
25. GO_CMDRST : Perintah Untuk Melihat Command-Command Restore Data AS/400.
26. DSPLOG : Perintah Untuk Melihat History Log Mesin AS/400.
27. NETSTAT : Perintah Untuk Melihat/Mengecek Status Network dari Ethernet.
28. ENDSBS *ALL *IMMED : Perintah Untuk Mematikan Semua SubSystem Secara Cepat.
29. WRKSBS : Perintah Untuk Melihat Subsystem Yang Sedang Aktif.
30. DSPTAP : Perintah Untuk Melihat Isi TAPE.

Tidur Dulu Ach!!!!………

Zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz……..

31. WRKSPLF : Perintah Untuk Melihat Spool File Di AS/400.
32. WRKSYSVAL : Perintah Untuk Melihat/Merubah System Value Di AS/400.
33. WRKUSRPRF : Perintah Untuk Melihat/Merubah User Profile Yang Ada Di AS/400.
34. CHGUSRPRF (NAMAPROFILE) (PASSWORD YANG BARU) Ex: CHGUSRPRF (QSECOFR) (qsecofr) : Perintah Untuk Merubah Password UserProfile QSECOFR.

Segitu Dulu Yah Command-Commandnya Yang Berikutnya menyusul…

Semoga Posting Kali Ini Bermanfaat Untuk Semuanya……..

  1. September 8, 2009 pukul 9:36 am

    ajarin gw bay, kantor gw mau pake AS/400, tapi ga ada yg bisa jalanin, gw pengen belajar bisa. biar gw naik gaji….

    • denbayu
      September 14, 2009 pukul 1:53 am

      Training AS/400 Mahal Pik….

      4jam 1.5juta gmna???

  2. thetawvic
    September 29, 2009 pukul 3:45 am

    punya ilmu lu jual belikan?
    gak berkah, klo lu ngajarin orang secara sukarela Insya Allah lu bakal dapat pahala dan rejeki yang gak pernah putus sampai lu di akhirat….

    • denbayu
      September 30, 2009 pukul 2:54 am

      Kerumah gue lah kalau mu belajar….

      Sekalian bawa pacar baru lw….

      Ok bro…..

  3. Oktober 14, 2009 pukul 4:25 am

    pacar baru…??
    gw lagi trauma sama wanita…
    lebih baik gw pacaran sama lu bay, nurut sama gw…

  4. Rayn
    Oktober 28, 2009 pukul 2:38 pm

    wuisshhhhh,.. kereen bos,.. aku pengen bngt nih belajar AS, aku pernah d ajarin cuma baru 5% doank ama bos gw, tp kayanya susah ya belajar AS itu,?? mohon posting yg lebih banyak lagi bos,

    • denbayu
      November 3, 2009 pukul 3:49 am

      Ok ditunggu ya bro…

  5. ita nadra
    Desember 29, 2009 pukul 4:31 am

    Mo belajar AS/400 dari rumah? Gampang, disini tempatnya.. http://www.rzkh.de. Minta account dulu, nanti akan di buatkan ID dan library. Lumayan buat memperlancar ngapalin command2 atau mo bikin program.

  6. Januari 7, 2010 pukul 9:06 am

    Mas Bayu,

    Kalau mas Bayu mau Sewa,beli maupun jual As400 kami bisa membantu.Bisa menghubungi kami di kantor 72784008 atau Hp 0878785688.

    Hormat saya,

    Anto
    Marketing

  7. September 18, 2010 pukul 3:01 pm

    numpang belajar mas..ada tutorialnya yang komplit ngak mas..

    • denbayu
      September 24, 2010 pukul 3:25 am

      Yang ane baru buat sementara yang itu dulu gan….

      Nti ane update lagi deh gan….

  8. dani
    Desember 5, 2010 pukul 12:55 pm

    Mau tanya barang kali ada yg tau untuk training sys admin-nya as/400, itu kira2 biaya trainingnya brp yah?

    warm regard,
    newbie.

    • denbayu
      Desember 6, 2010 pukul 9:56 am

      Dulu saya pernah support di AS400 Training Centre klu g salah biayanya 1.5jta….
      Itu juga saya kurang jelas hitungan perhari atau perbulan.

      Semoga membantu.

  9. Juni 3, 2011 pukul 5:04 am

    Terimakasih sudah mau sharing ilmunya Den, sangat bermanfaat buat pengguna AS/400, di Indonesia khususnya yang setahu saya pada saat ini minoritas.

    • denbayu
      Juni 21, 2011 pukul 5:00 am

      sama sama mas.

      Mungkin besok saya akan update beberapa tutorial backup restore nonsys dan savsys.

      Terima kasih mas

  10. November 5, 2014 pukul 4:44 am

    numpang share gan, kalo ada yang minat utk training RPG atau Cobol IBM AS 400 bisa hub kami di 02158902057 atau hp 081519720171 atau 081210881129, makasi gan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

