Beranda > Otomotif > New Satria FU 150

New Satria FU 150

Setelah lebih empat tahun bertahan dengan wajah yang sama, akhirnya PT Indomobil Niaga International (IMNI) Roda-2 memperkenalkan versi baru Suzuki Satria FU 150. Bebek supersport (gimmick marketing Suzuki menyebutnya: hyper underbone) ini diperkenalkan oleh Kenji Saito, Direktur Pemasaran IMNI, pada hari pertama pembukaan Jakarta Motorcycle Show, Sabtu (6/12).

Cukup menarik, komponen untuk mempergagah penampilan Satria ini diadopsi dari Yoshimura yang sudah sangat dikenal oleh para bikers di Tanah Air. Perubahan yang dilakukan Suzuki adalah mengganti model lampu depan dan fairing (tudung), panel instrumen (desain spidometer), ujung knalpot, rangka alumunium, dan behel atau pegangan belakang motor.

Kali ini, konsumen Indonesia cukup beruntung. Inilah model terbaru Satria yang hanya dipasarkan di tiga negara ASEAN dengan nama berbeda. Di Thailand diberi nama Raider, sedangkan di Filipina Dagger. Sayangnya, model ini muncul di saat krisis ekonomi mulai mencengkeram lebih dalam sebagian masyarakat atau konsumen motor kelas atas.

Satria vs Kompetitor
Dengan penampilan baru ini, harga Satria FU 150 pun melenjit. Berdasarkan informasi internal Suzuki, dalam dua bulan ini Satria sudah dua kali mengalami kenaikan harga. Terakhir, dengan anjloknya rupiah dan karena sebagian besar komponen Satria masih impor, kenaikkan harga pun mencapai Rp 800.000. Hasil akhir, saat diluncurkan, Suzuki membanderol Satria dengan harga Rp 17.890.000 (on the road di Jakarta dan sekitarnya).

Dibandingkan dengan kompetitor utamanya, yaitu Honda CS1, perbedaan harga hampir Rp 1 juta. Namun, Satria menang unggul untuk teknologi mesin, kapasitas dan tenaga yang dihasilkan. CS1 dipersenjatai Honda dengan mesin SOHC (single overhead camshaft) dengan kapasitas 125 cc, sedangkan Satria DOHC (double overhead camshaft).

Untuk tenaga, Satria masih unggul dengan kemampuan maksimum 16 PS @9.500 rpm, sedangkan CS1 12,8 PS @10.000 rpm. Kemampuan Satria menghasilkan torsi maksimum juga lebih baik, yaitu 1,27 kgf-m @8.500 rpm, sedangkan CS1 1,04 kgf-m @7.500 rpm.

Kompetitor lain Satria adalah Jupiter MX dengan mesin 135 cc yang saat ini versi paling mahal (cast wheel dan kopling otomatik) ditawarkan dengan harga Rp 15.050.000. Dari segi tenaga dan torsi Jupiter MX memang kalah. Tenaga maksimumnya 11,33PS @8.500 rpm dan torsi 1,165 kgfm @5.500 rpm.

Lampu Depan
Perubahan mencolok dari Satria adalah desain fairing dan lampu depan. Desain lampu depan mirip dengan Suzuki GSX-R600. Versi baru, lampu menggunakan bentuk mahkota dan di sampingnya lampu sein dengan mika transparan mirip kuping kelinci. Lampu ini dilengkapi dengan topi atau disebut juga “cowling” ber-garnish hitam. Topi lampu dipasang dengan cara menyekrupkannya pada fairing panel instrumen.

Panel Instrumen

Panel instrumen mengalami perubahan desain yang cukup berarti, meski posisi dan bentuk dasarnya sama dengan versi Satria terdahulu. Motif dasar bagian tengah panel instrumen kini dibuat seperti anyaman dinding bambu.
Takometer menggunakan model jarum dengan dasar instrumen putih berbentuk lingkaran. Di pinggir takometer diberi ornamen berlapiskan krom untuk memberi kesan sporty dan eksklusif. Versi lama, pinggiran takometernya berwarna hitam, sama dengan panel.

Bentuk angka dan ukuran juga berubah. Versi baru lebih besar (tentu saja makin mudah dibaca), sedangkan Satria lama menggunakan huruf reguler lama (italic atau miring). Instrumen lain dengan tayangan digital adalah spidometer, indikator bahan bakar, tripmeter, dan indikator mode “eco” dan “power”. Angka-angkanya mudah dibaca karena menggunakan dasar oranye.

Kini motor supersport bebek ini dilengkapi dengan dua pilihan model mengendarai yang disebut Suzuki dengan S-DMS (Suzuki Drive Mode Switch), yaitu “eco” dan “power”. Tombol mode itu ditempatkan di sisi kanan panel instrumen dan mudah dicapai pengendara saat melaju.

Perubahan lainnya adalah di bagian depan, yaitu segitiga setang yang kini dilapisi dengan silver (sebelumnya hitam), sedangkan di bagian belakang, perubahan pada ujung corong knalpot. Versi baru berbentu oval segitiga, khas Yoshimura. Di belakang, behel atau pegangan di belakang sadel tampil dengan penampilan baru. Begitu pula dengan rangka alminium baru dengan pelindung kaki di kanan dan kiri motor.

Spesifikasi New Satria FU 150 :

Mesin
Tipe ……………….. 4-tak , DOHC, 4 katup, silinder tunggal, pendingin udara
Kapasitas …………… 147,3 cc
Diameter x langkah …… 62 x 48,8 mm
Perbandingan kompresi … 10,2 : 1
Tenaga maks. ………… 16 PS @9.500 rpm
Torsi maks. …………. 1,27 kgf-m @8.500 rpm
Karburator ………….. MIKUNI BS 26 – 187
Saringan udara ………. Kertas
Sistem starter ………. Kaki & elektrik
Transmisi …………… 6 kecepatan, 1 ke atas, 5 ke bawah
Kopling …………….. Multiplat, basah

Sasis
Suspensi Depan ………. Teleskopik, pegas spiral dan bantalan oli
Suspensi Belakang ……. Monoshock, lengan ayun, pegas spiral dan bantlan oli
Rem Depan & Belakang …. Cakram
Ban & Roda Depan …….. 70/90-17 38S
Ban & Roda Belakang ….. 80/90-17 44S

Kategori:Otomotif
  1. Maret 7, 2009 pukul 8:46 am

    sumpah, tak ada yg bs ngalahin satria fu

  2. Maret 27, 2009 pukul 11:56 am

    para wargaku sekalian, bilamana blog anda memang telah laris keras. mohon semakin terdepannya untuk semakin baik lagi. adapun saya selaku presiden RI ingin memajukan budaya menulis dan membaca.

    terima kasih
    RI.1

  3. Maret 30, 2009 pukul 9:20 am

    sesuai dengan Bapak SBY saya mengharapkan para warga sekalian dapat membuat kemajuan bangsa dari hobi menulis ini terima kasih

    salam

    RI.2

  4. putu
    April 3, 2009 pukul 1:23 pm

    new satria emeng keren bgt,tapi bagi gue ada bagian ga suka dari new satria terutama pada batok kepalanya terlalu kegedean,ga seimban ma body,kalo gue blh nanya apa masih ada yang jual satria fu model yang lama didealer,kira2 berapa harganya?krn selama ini gue sulit nyarinya yang ada hanya new satria.

    • denbayu
      April 6, 2009 pukul 2:17 am

      @Putu…
      Kalau loe nyari FU model lama di dealer udah g ada,kebanyakan yang second….
      Kalau beli second rugi kan….

      Tapi menurut gue tekhnologi yang sekarang lebih memuaskan dibanding yang dulu….
      Masalah batok tinggal ganti aja dengan FU lama,gmn???

  5. vanjul_bali
    April 14, 2009 pukul 5:54 am

    bro q pake FU baru koq g bs pake S-DMS na..
    pas q pake eco,kemudian lampu putih nyala mw pindah k power koq g mw y..?
    klo d pndahin pas netral bru mw..
    pa mang sistemna kyak gt y..?
    tmn” yg pake fu baru gmn nie..?

    • denbayu
      April 15, 2009 pukul 2:10 am

      @vanjul_bali : Yang gue tau seh mang gitu karena S-DMS tuh kan cuman petunjuk untuk pindah gigi atau oper gigi supaya bisa pas dengan powernya.Nah kalau loe mau rubah loe harus netralin dulu baru bisa deh di ubah-ubah….
      Yang gue tau seh itu…

    • ario
      September 18, 2009 pukul 10:30 am

      gw dah beli new satria f150.. gw rasain sih emang beda antara eco, power, ma normal (gak ada tulisannya) gak cuma indikator doang sih.. Lagian ngapain coba harus netralin gigi dan berenti dulu kalo cuma indikator doang.. di eco gw rasain ke 5000rpm lebih cepet tapi kalo di terusin berasa ngempos tenaganya… Di power ke 5000 rpm lambat mirip turbo lag di mobil.. tapi 7000rpm ke 9000 rpm cepet… Kalo normal (gak ada tulisannya) torsinya rata dari bawah sampe rpm atas… hehehe.. Dan gw rasa standarnya new satria f 150 pelan di banding keluaran pertamanya yang masih built-up.. Tapi bisa diakalin sih… hehehe😛

  6. jimbo
    April 26, 2009 pukul 10:26 am

    sangka gw mode power klo lg ngebut pencet itu tambah kueeenncceeennggg…..tp gw lom pernah nyobain…
    klo mode eco enaknya pas macet biar irit bensin

    • denbayu
      April 27, 2009 pukul 2:37 am

      @jimbo : Kalo pake NOS bisa tambah kenceng….
      Kalau yang di FU sekarang hanya indikator perpindahan gigi supaya power yang dihasilkannya sesuai….

  7. angka
    Juli 29, 2009 pukul 10:09 am

    yg bkin FU kenceng itu torsi-nya ato daya-nya ya ??
    Coba Satria FU vs CS-1
    Daya dan Power Satria = 9.500 RPM dan 8.500 RPM

    Daya dan Power CS-1 = 10.000 dan 7.500

    ada yg bisa jelasin ??

    • denbayu
      Agustus 11, 2009 pukul 6:59 am

      Kemana-mana dah jelas boz FU lah….

      Karena FU kompresinya tinggi….
      CC 150…

      So yang bikin kenceng FU Kompresinya….

  8. Vicky abdillah
    Agustus 21, 2009 pukul 12:58 pm

    Kira2 sampai kpn fu bertahan dgn model spti ni? Mslhnya gw msih nbung utk bli fu. Klu uang gw blom ckp,fu dah tkr model kn gw blom ttu ska dgn mdel yg bru nya!

    • denbayu
      Agustus 25, 2009 pukul 9:45 am

      Untuk saat ini mungkin bagi suzuki udah cukup dulu dengan model yang seperti ini…

      Untuk inovasi berikutnya mungkin agak lama….

  9. Vicky abdillah
    Agustus 21, 2009 pukul 1:10 pm

    Smpai kpn fu akn brthn dgn mdl ini. Mslhnya gw trtrik bngt dgn model new fu n gw msih nbung. Klu uang gw blom ckp fu dah gnti model lgi kn ssah!

  10. idrz
    September 12, 2009 pukul 6:42 pm

    oo gt yak, bingungc gw awalnya buat ap tu tmbol bru d dpn.. niat c mo beli FU, keren bgt seh.. oia, kalo batoknya d tuker ma batok yg lama kira2 bs gag y?? tkutnya g muat gt..

    • denbayu
      September 14, 2009 pukul 1:51 am

      Setau gue g bisa boz….
      Tapi kalau mu ngakalin semuanya seh bisa” ajah….

      Kalau FU yang lama pake Batok FU yang baru itu bisa….

  11. idrz
    September 17, 2009 pukul 6:00 am

    oo gt y, tp mnrut gw batok yg lama lbh asyik dliat seh kalo drdepan, kalo yg baru kgedean keliatannya walaupun dr smping y lumayan lah..
    oia, ngakalin gmn mksudnya boss??
    ngilangin mode tambahan itu yak?? ato ngubah speedo-nya??
    tq..

    • denbayu
      September 17, 2009 pukul 7:15 am

      Ngakalin bikin dudukan supaya speedo FU baru bisa masuk di batok FU lama….

      Tapi menurut gue kerenan yang sekarang bro batoknya….
      Lebih berotot dibanding yang lama…

  12. idrz
    September 25, 2009 pukul 10:26 am

    oooo, dudukannya beda ye bro??
    kalo mslh it seh, mngkin trgntung selera kali ye bozz…

  13. Bintang
    September 25, 2009 pukul 11:03 am

    Kalo harga cash new fu skrng brp ya??

    • denbayu
      September 28, 2009 pukul 2:23 am

      Harga cash FU Sekitar Rp.18.800.000 boz…

  14. cootesz
    Oktober 7, 2009 pukul 7:20 am

    wah mkin kyeensz ajj nich mtoor,,top dech wat lma n new fu nya,,,

  15. vicky
    Oktober 17, 2009 pukul 9:35 am

    gmn buat fu gw jd mtor racing super kuencenng? apa yg prlu di gnti? mohon petujuknya

  16. dimas prastyo utomo
    Desember 18, 2009 pukul 7:48 am

    mass, gue seh udh naksir bngett sama FU dari model yg pertama sama yg baru nya sekarangg .
    huh , harga ya makin tinggi ya mass kalo boleh tau harga FU yg sekarang bisa turun ya kapan?? pengen beli nih mass tapi ortu blum bisa ngebeliin harga yg segitu padahal gue pngn ya satria FU ini mass .

  17. FAJRI MUHARRAM
    Januari 19, 2010 pukul 11:34 am

    kapan ya w bs punya satria F 150????
    kya nya hnya mimpi deh !!!!😦

    • Desember 18, 2010 pukul 11:49 am

      mimpi apa

  18. fitri jember
    Maret 29, 2010 pukul 3:00 am

    sumpah satria F keren banget Booookkk. . .
    aku Mpek Jual MtorKu Gara2 akU Pingin Satria F 150. . .

  19. gomez
    Mei 11, 2010 pukul 11:24 am

    emang bagus sich stria FU 150 aq jdi kepengen nich tapi duitnya masih kurang bro……kira” taun depan masih mudel seperti ini gag ya……………???

    • denbayu
      Mei 13, 2010 pukul 9:57 am

      Tahun depan masih ada bro….
      Selama ini motor masih laku pasti bakalan terus di produksi….CMIIW

  20. vicky
    Agustus 12, 2010 pukul 3:00 pm

    fu gw digeber cma mentok di 130
    smentara fu model lama, digeber sampai 140
    apa iya, inovasi terbaru dngan mdel ini ada kkurangan di top speednya?
    acceleration sich ok2 ajha, knapa yach?

  21. satrio
    Agustus 16, 2010 pukul 3:16 am

    satria FU emang istimewa tenan bro…ga nyesel gua beli…
    semakin pede aj naek motor

  22. sai
    September 12, 2010 pukul 9:27 pm

    ada yang kurang, harusnya suzuki tambahin engine cut-off, biar tambah komplit nih motor.

    jangan geber kenceng2.. ni motor ringan bener, hati2 limbung terus nyium aspal. hehehe.

  23. Bupati LAMONGAN LA.MANIA
    September 25, 2010 pukul 2:07 am

    SATRIA FU NEW keren 167kpj yang laen lewat

  24. Desember 18, 2010 pukul 11:44 am

    idrz :
    oooo, dudukannya beda ye bro??
    kalo mslh it seh, mngkin trgntung selera kali ye bozz…

  25. Desember 18, 2010 pukul 11:45 am

    FAJRI MUHARRAM :
    kapan ya w bs punya satria F 150????
    kya nya hnya mimpi deh !!!!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: